MODUL AJAR
IDENTITAS UMUM
- Satuan Pendidikan: SDN 1 CILOA
- Nama Pendidik: ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
- Mata Pelajaran: PAI
- Kelas/Fase: I/A
- Tahun Ajaran: 2025-2026
- Jumlah Jam Pertemuan (JP): 4 JP @35menit (2 Pertemuan)
A. IDENTIFIKASI
- Peserta Didik: Peserta didik diharapkan dapat membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Materi Pelajaran: Materi pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini mengenai membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Dimensi Profil Lulusan yang Akan Dicapai:
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala: Dengan menghafal dan memahami perintah membaca serta menuntut ilmu sebagai ibadah.
- Penalaran Kritis: Mampu mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dan memahami hubungan antara membaca, ilmu, dan kebesaran Allah Swt.
- Kreativitas: Mampu menuliskan ayat Al-Qur'an dengan rapi atau membuat media sederhana untuk hafalan.
- Kolaborasi: Bekerja sama dalam kelompok saat berlatih membaca dan menghafal.
- Kemandirian: Mampu melafalkan dan menghafal ayat secara mandiri.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan kembali pesan pokok ayat dengan bahasa sendiri.
B. DESAIN
- Capaian Pembelajaran: Peserta didik dapat mempelajari dan menguasai bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 beserta hukum tajwid Qalqalah, mampu menulis dan menghafalnya, serta memahami pesan pokok tentang pentingnya ilmu dan kekuasaan Allah Swt.
- Lintas Disiplin Ilmu: Disiplin ilmu yang relevan dengan pembelajaran terdapat dalam materi Kemampuan Literasi (Membaca dan Menulis) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan materi Karakteristik Alam Semesta/Penciptaan Manusia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (sebagai penguat pemahaman kebesaran Allah yang disebut dalam Al-Qur'an).
- Tujuan Pembelajaran:
- Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan fasih dan benar, termasuk penerapan hukum bacaan Qalqalah.
- Mengidentifikasi huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Menuliskan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah yang benar.
- Menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan lancar dan tanpa kesalahan.
- Menjelaskan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang pentingnya membaca, menuntut ilmu, dan keagungan Allah sebagai pencipta.
- Menunjukkan sikap gemar membaca, haus ilmu, dan tawaduk sebagai implementasi pesan ayat.
- Topik Pembelajaran: QS. Al-'Alaq Ayat 1-5: Bacaan, Hukum Qalqalah, Penulisan, Hafalan, dan Pesan Pokok.
- Praktik Pedagogis: Pembelajaran berbasis proyek sederhana (misal: membuat kartu hafalan/kaligrafi), demonstrasi (cara membaca/menulis), diskusi kelompok, praktik langsung (talaqqi, muraja'ah), penugasan individu, dan presentasi sederhana.
- Kemitraan Pembelajaran: Orang tua/wali peserta didik (memantau latihan membaca dan hafalan di rumah).
- Lingkungan Pembelajaran:
- Ruang Fisik: Ruang kelas SDN 1 CILOA, atau area mushalla sekolah (jika memungkinkan untuk praktik bacaan).
- Budaya Belajar: Kolaboratif, berpartisipasi aktif, serta menciptakan iklim belajar yang aman dan nyaman, dengan suasana yang mendukung kekhusyukan belajar Al-Qur'an.
- Pemanfaatan Digital:
- Pelaksanaan: Menggunakan video/audio murottal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari qari terkemuka, menampilkan gambar/animasi huruf hijaiyah dan contoh Qalqalah, menggunakan aplikasi interaktif belajar tajwid (jika tersedia perangkat).
- Asesmen: Kuis interaktif (misal: Kahoot/Quizziz) untuk mengecek pemahaman hukum tajwid atau pesan pokok.
C. PENGALAMAN BELAJAR
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (2 JP - 70 Menit): Membaca dan Mengenal Hukum Qalqalah QS. Al-'Alaq Ayat 1-5
- AWAL (10 Menit)
(Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Orientasi yang bermakna: Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa bersama, dan mengecek kehadiran. Memulai dengan menanyakan "Siapa yang pagi ini sudah mengaji?" untuk membangun suasana positif.
- Apersepsi yang kontekstual: Guru bertanya: "Apa yang pertama kali Rasulullah terima saat di Gua Hira?" "Ada yang tahu surat apa itu?" (mengaitkan dengan pengalaman mendengar kisah Nabi Muhammad SAW dan surat Al-Alaq).
- Motivasi yang menggembirakan: Guru menyampaikan bahwa hari ini kita akan belajar membaca surat yang sangat istimewa, berisi perintah pertama Allah kepada kita, yaitu "Bacalah!". Guru menampilkan tulisan "IQRA'" di papan tulis/layar.
- INTI (50 Menit)
A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
- Guru menampilkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di layar/papan tulis dan memutar audio murottal dari seorang qari. Peserta didik mendengarkan dengan seksama.
- Guru bertanya: "Bagaimana suara huruf yang ada tanda seperti lingkaran kecil di atasnya? Apakah ada yang terdengar memantul?" (mengarahkan ke huruf Qalqalah).
B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)
- Guru memancing pertanyaan: "Huruf apa saja yang bunyinya memantul?" "Bagaimana cara membaca huruf yang memantul itu dengan benar?"
- Guru menjelaskan konsep dasar Qalqalah (pengertian dan huruf-hurufnya: ba, jim, dal, tho, qof - "baju di toko").
C. Data Collection (Pengumpulan Data)
- Peserta didik mengamati dan menirukan bacaan guru ayat per ayat (metode talaqqi).
- Peserta didik secara individu atau berpasangan mencari huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari mushaf atau tayangan di layar, dan menandainya.
D. Data Processing (Pengolahan Data)
- Guru membimbing peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, memberikan penekanan pada penerapan hukum Qalqalah.
- Melakukan drill (latihan berulang) melafalkan ayat per ayat secara klasikal, per baris, dan per kata.
- Peserta didik berlatih membaca secara berpasangan, saling menyimak dan mengoreksi di bawah bimbingan guru.
E. Verification (Pembuktian)
- Beberapa peserta didik diminta untuk melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu di depan kelas atau di kelompok kecil, untuk menunjukkan pemahaman dan penerapan Qalqalah.
- Guru memberikan umpan balik langsung dan koreksi yang konstruktif.
F. Generalization (Menarik Kesimpulan)
- Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama tentang cara membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan benar, khususnya hukum bacaan Qalqalah.
- Guru menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar karena itu adalah firman Allah.
- PENUTUP (10 Menit)
(Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Guru memberikan penguatan materi dan menekankan kembali pentingnya membaca Al-Qur'an sebagai ibadah.
- Guru memberikan tugas rumah: berlatih membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di rumah dengan bantuan orang tua.
- Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan 2 (2 JP - 70 Menit): Menulis, Menghafal, dan Memahami Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5
- AWAL (10 Menit)
(Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Orientasi yang bermakna: Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa, dan mengecek kehadiran.
- Apersepsi yang kontekstual: Guru mengajak peserta didik mengulang sedikit materi pertemuan sebelumnya dengan melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal.
- Motivasi yang menggembirakan: Guru bertanya: "Selain membaca, apa lagi yang bisa kita lakukan dengan Al-Qur'an agar kita selalu ingat isinya?" (mengarahkan ke menulis dan menghafal). "Apa ya pesan penting dari surat ini?"
- INTI (50 Menit)
A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
- Guru menampilkan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Guru menunjukkan contoh tulisan huruf hijaiyah yang rapi.
- Guru bertanya: "Ada yang tahu apa arti dari ayat pertama? IQRA'?" (mengarahkan ke pesan pokok).
B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)
- Guru bertanya: "Bagaimana cara menulis huruf Arab dengan benar dan rapi?" "Apa pesan penting yang Allah sampaikan di surat Al-'Alaq ini?"
C. Data Collection (Pengumpulan Data)
- Menulis: Guru mendemonstrasikan cara menulis huruf-huruf hijaiyah yang ada di QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Peserta didik menirukan dan berlatih menulis ayat per ayat di buku tulis/LKPD.
- Menghafal: Peserta didik menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal (metode muraja'ah berulang-ulang). Kemudian, secara berpasangan atau kelompok kecil, saling menyimak hafalan.
- Memahami Pesan Pokok: Guru menyampaikan terjemahan per kata dan ringkasan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang perintah membaca, menuntut ilmu, dan kebesaran Allah Swt. dalam menciptakan manusia dari segumpal darah. Peserta didik mencatat poin-poin penting.
D. Data Processing (Pengolahan Data)
- Peserta didik menyajikan hasil tulisan mereka (bisa dalam bentuk kaligrafi sederhana atau tulisan biasa) untuk dilihat dan diberikan masukan oleh guru.
- Peserta didik secara bergantian menyetorkan hafalan secara individu kepada guru atau teman sejawat (peer teaching).
- Melalui diskusi kelompok kecil, peserta didik merumuskan pesan-pesan penting dari QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, pentingnya belajar di sekolah, membaca buku).
E. Verification (Pembuktian)
- Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tulisannya dan mengecek kerapian serta kebenaran penulisannya.
- Peserta didik yang sudah hafal diuji secara acak oleh guru atau teman.
- Peserta didik diminta untuk menyampaikan kembali pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa mereka sendiri.
F. Generalization (Menarik Kesimpulan)
- Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama pentingnya menguasai kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an, menghafalnya, dan yang terpenting adalah memahami serta mengamalkan pesan-pesannya dalam kehidupan.
- Guru menekankan bahwa membaca dan belajar adalah perintah pertama Allah Swt. kepada manusia, dan itu adalah kunci kesuksesan dunia akhirat.
- PENUTUP (10 Menit)
(Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Guru memberikan penguatan materi tentang kemuliaan ilmu dan pentingnya membaca.
- Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah aktif dan berhasil.
- Guru mengingatkan peserta didik untuk terus muraja'ah (mengulang) hafalan di rumah dan mengamalkan pesan ayat dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
D. ASESMEN/PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tema Pembelajaran: Membaca, Menulis, Menghafal, dan Memahami QS. Al-'Alaq Ayat 1-5
Asesmen pada Awal Pembelajaran (Diagnostik)
- Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang huruf hijaiyah, kemampuan membaca Al-Qur'an dasar, dan pengalaman mendengar/mengenal QS. Al-'Alaq.
- Teknik & Instrumen: Melakukan tanya jawab lisan dengan pertanyaan pemantik (misal: "Siapa yang sudah bisa membaca huruf Al-Qur'an?", "Pernah dengar surat Al-'Alaq?", "Apa artinya 'iqra'?", atau meminta melafalkan beberapa huruf hijaiyah).
Asesmen pada Pelaksanaan Pembelajaran (Formatif)
- Tujuan: Mengukur pemahaman dan kemampuan aplikasi peserta didik selama proses pembelajaran (membaca, mengidentifikasi Qalqalah, menulis, menghafal, dan memahami pesan).
- Teknik & Instrumen:
- Observasi Kinerja (Membaca): Guru mengamati dan menilai kelancaran, makhraj huruf, dan penerapan Qalqalah saat peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu/berpasangan. (Rubrik terlampir)
- Kolaborasi Kelompok (LKPD): Lembar Kerja Peserta Didik yang dikerjakan secara berkelompok untuk menandai huruf Qalqalah dan menyimpulkan pesan pokok ayat.
- Penilaian Kinerja (Menulis): Guru menilai kerapian, kejelasan, dan kebenaran penulisan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Kuis Interaktif: Kuis lisan atau menggunakan aplikasi digital (jika memungkinkan) yang berisi pertanyaan singkat tentang identifikasi huruf Qalqalah atau arti kata dalam ayat.
- Isian Singkat: Melengkapi ayat yang rumpang atau mengisi titik-titik tentang pengertian Qalqalah.
- Teka-teki Silang (TTS): TTS sederhana dengan kosakata terkait tajwid atau isi surat Al-'Alaq.
Asesmen pada Akhir Pembelajaran (Sumatif)
- Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan setelah proses pembelajaran selesai (kemampuan membaca, menulis, menghafal, dan memahami pesan pokok).
- Teknik & Instrumen:
- Tes Lisan:
- Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di hadapan guru (dinilai berdasarkan kelancaran, makhraj, dan penerapan tajwid khususnya Qalqalah).
- Menyetorkan hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Menjelaskan secara singkat pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa sendiri.
- Tes Tertulis:
- Menuliskan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari ingatan atau dari dikte guru.
- Mengidentifikasi huruf Qalqalah dalam beberapa potongan ayat.
- Menjawab pertanyaan singkat tentang isi kandungan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 (misal: "Perintah pertama yang Allah sampaikan adalah...").
- Tes Lisan:
Kramatmulya, 19 Juli 2025
Mengetahui,
Kepala Sekolah
HJ. SRI RATNAWATI, M.Pd.
NIP. xxxx xxxx xxxx xxxx
Guru Mata Pelajaran
ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
NIP. xxxx xxxx xxxx xxxx