Kamis, 26 Juni 2025

KODING: MA QS AL 'ALAQ

Modul Ajar PAI - QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

MODUL AJAR


IDENTITAS UMUM

  • Satuan Pendidikan: SDN 1 CILOA
  • Nama Pendidik: ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
  • Mata Pelajaran: PAI
  • Kelas/Fase: I/A
  • Tahun Ajaran: 2025-2026
  • Jumlah Jam Pertemuan (JP): 4 JP @35menit (2 Pertemuan)

A. IDENTIFIKASI

  • Peserta Didik: Peserta didik diharapkan dapat membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  • Materi Pelajaran: Materi pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini mengenai membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  • Dimensi Profil Lulusan yang Akan Dicapai:
    • Keimanan dan Ketakwaan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala: Dengan menghafal dan memahami perintah membaca serta menuntut ilmu sebagai ibadah.
    • Penalaran Kritis: Mampu mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dan memahami hubungan antara membaca, ilmu, dan kebesaran Allah Swt.
    • Kreativitas: Mampu menuliskan ayat Al-Qur'an dengan rapi atau membuat media sederhana untuk hafalan.
    • Kolaborasi: Bekerja sama dalam kelompok saat berlatih membaca dan menghafal.
    • Kemandirian: Mampu melafalkan dan menghafal ayat secara mandiri.
    • Komunikasi: Mampu menyampaikan kembali pesan pokok ayat dengan bahasa sendiri.

B. DESAIN

  • Capaian Pembelajaran: Peserta didik dapat mempelajari dan menguasai bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 beserta hukum tajwid Qalqalah, mampu menulis dan menghafalnya, serta memahami pesan pokok tentang pentingnya ilmu dan kekuasaan Allah Swt.
  • Lintas Disiplin Ilmu: Disiplin ilmu yang relevan dengan pembelajaran terdapat dalam materi Kemampuan Literasi (Membaca dan Menulis) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan materi Karakteristik Alam Semesta/Penciptaan Manusia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (sebagai penguat pemahaman kebesaran Allah yang disebut dalam Al-Qur'an).
  • Tujuan Pembelajaran:
    • Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan fasih dan benar, termasuk penerapan hukum bacaan Qalqalah.
    • Mengidentifikasi huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Menuliskan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah yang benar.
    • Menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan lancar dan tanpa kesalahan.
    • Menjelaskan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang pentingnya membaca, menuntut ilmu, dan keagungan Allah sebagai pencipta.
    • Menunjukkan sikap gemar membaca, haus ilmu, dan tawaduk sebagai implementasi pesan ayat.
  • Topik Pembelajaran: QS. Al-'Alaq Ayat 1-5: Bacaan, Hukum Qalqalah, Penulisan, Hafalan, dan Pesan Pokok.
  • Praktik Pedagogis: Pembelajaran berbasis proyek sederhana (misal: membuat kartu hafalan/kaligrafi), demonstrasi (cara membaca/menulis), diskusi kelompok, praktik langsung (talaqqi, muraja'ah), penugasan individu, dan presentasi sederhana.
  • Kemitraan Pembelajaran: Orang tua/wali peserta didik (memantau latihan membaca dan hafalan di rumah).
  • Lingkungan Pembelajaran:
    • Ruang Fisik: Ruang kelas SDN 1 CILOA, atau area mushalla sekolah (jika memungkinkan untuk praktik bacaan).
    • Budaya Belajar: Kolaboratif, berpartisipasi aktif, serta menciptakan iklim belajar yang aman dan nyaman, dengan suasana yang mendukung kekhusyukan belajar Al-Qur'an.
  • Pemanfaatan Digital:
    • Pelaksanaan: Menggunakan video/audio murottal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari qari terkemuka, menampilkan gambar/animasi huruf hijaiyah dan contoh Qalqalah, menggunakan aplikasi interaktif belajar tajwid (jika tersedia perangkat).
    • Asesmen: Kuis interaktif (misal: Kahoot/Quizziz) untuk mengecek pemahaman hukum tajwid atau pesan pokok.

C. PENGALAMAN BELAJAR

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 (2 JP - 70 Menit): Membaca dan Mengenal Hukum Qalqalah QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

  1. AWAL (10 Menit)

    (Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

    • Orientasi yang bermakna: Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa bersama, dan mengecek kehadiran. Memulai dengan menanyakan "Siapa yang pagi ini sudah mengaji?" untuk membangun suasana positif.
    • Apersepsi yang kontekstual: Guru bertanya: "Apa yang pertama kali Rasulullah terima saat di Gua Hira?" "Ada yang tahu surat apa itu?" (mengaitkan dengan pengalaman mendengar kisah Nabi Muhammad SAW dan surat Al-Alaq).
    • Motivasi yang menggembirakan: Guru menyampaikan bahwa hari ini kita akan belajar membaca surat yang sangat istimewa, berisi perintah pertama Allah kepada kita, yaitu "Bacalah!". Guru menampilkan tulisan "IQRA'" di papan tulis/layar.
  2. INTI (50 Menit)

    A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)

    • Guru menampilkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di layar/papan tulis dan memutar audio murottal dari seorang qari. Peserta didik mendengarkan dengan seksama.
    • Guru bertanya: "Bagaimana suara huruf yang ada tanda seperti lingkaran kecil di atasnya? Apakah ada yang terdengar memantul?" (mengarahkan ke huruf Qalqalah).

    B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)

    • Guru memancing pertanyaan: "Huruf apa saja yang bunyinya memantul?" "Bagaimana cara membaca huruf yang memantul itu dengan benar?"
    • Guru menjelaskan konsep dasar Qalqalah (pengertian dan huruf-hurufnya: ba, jim, dal, tho, qof - "baju di toko").

    C. Data Collection (Pengumpulan Data)

    • Peserta didik mengamati dan menirukan bacaan guru ayat per ayat (metode talaqqi).
    • Peserta didik secara individu atau berpasangan mencari huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari mushaf atau tayangan di layar, dan menandainya.

    D. Data Processing (Pengolahan Data)

    • Guru membimbing peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, memberikan penekanan pada penerapan hukum Qalqalah.
    • Melakukan drill (latihan berulang) melafalkan ayat per ayat secara klasikal, per baris, dan per kata.
    • Peserta didik berlatih membaca secara berpasangan, saling menyimak dan mengoreksi di bawah bimbingan guru.

    E. Verification (Pembuktian)

    • Beberapa peserta didik diminta untuk melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu di depan kelas atau di kelompok kecil, untuk menunjukkan pemahaman dan penerapan Qalqalah.
    • Guru memberikan umpan balik langsung dan koreksi yang konstruktif.

    F. Generalization (Menarik Kesimpulan)

    • Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama tentang cara membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan benar, khususnya hukum bacaan Qalqalah.
    • Guru menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar karena itu adalah firman Allah.
  3. PENUTUP (10 Menit)

    (Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

    • Guru memberikan penguatan materi dan menekankan kembali pentingnya membaca Al-Qur'an sebagai ibadah.
    • Guru memberikan tugas rumah: berlatih membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di rumah dengan bantuan orang tua.
    • Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.

Pertemuan 2 (2 JP - 70 Menit): Menulis, Menghafal, dan Memahami Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

  1. AWAL (10 Menit)

    (Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

    • Orientasi yang bermakna: Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa, dan mengecek kehadiran.
    • Apersepsi yang kontekstual: Guru mengajak peserta didik mengulang sedikit materi pertemuan sebelumnya dengan melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal.
    • Motivasi yang menggembirakan: Guru bertanya: "Selain membaca, apa lagi yang bisa kita lakukan dengan Al-Qur'an agar kita selalu ingat isinya?" (mengarahkan ke menulis dan menghafal). "Apa ya pesan penting dari surat ini?"
  2. INTI (50 Menit)

    A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)

    • Guru menampilkan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Guru menunjukkan contoh tulisan huruf hijaiyah yang rapi.
    • Guru bertanya: "Ada yang tahu apa arti dari ayat pertama? IQRA'?" (mengarahkan ke pesan pokok).

    B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)

    • Guru bertanya: "Bagaimana cara menulis huruf Arab dengan benar dan rapi?" "Apa pesan penting yang Allah sampaikan di surat Al-'Alaq ini?"

    C. Data Collection (Pengumpulan Data)

    • Menulis: Guru mendemonstrasikan cara menulis huruf-huruf hijaiyah yang ada di QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Peserta didik menirukan dan berlatih menulis ayat per ayat di buku tulis/LKPD.
    • Menghafal: Peserta didik menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal (metode muraja'ah berulang-ulang). Kemudian, secara berpasangan atau kelompok kecil, saling menyimak hafalan.
    • Memahami Pesan Pokok: Guru menyampaikan terjemahan per kata dan ringkasan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang perintah membaca, menuntut ilmu, dan kebesaran Allah Swt. dalam menciptakan manusia dari segumpal darah. Peserta didik mencatat poin-poin penting.

    D. Data Processing (Pengolahan Data)

    • Peserta didik menyajikan hasil tulisan mereka (bisa dalam bentuk kaligrafi sederhana atau tulisan biasa) untuk dilihat dan diberikan masukan oleh guru.
    • Peserta didik secara bergantian menyetorkan hafalan secara individu kepada guru atau teman sejawat (peer teaching).
    • Melalui diskusi kelompok kecil, peserta didik merumuskan pesan-pesan penting dari QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, pentingnya belajar di sekolah, membaca buku).

    E. Verification (Pembuktian)

    • Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tulisannya dan mengecek kerapian serta kebenaran penulisannya.
    • Peserta didik yang sudah hafal diuji secara acak oleh guru atau teman.
    • Peserta didik diminta untuk menyampaikan kembali pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa mereka sendiri.

    F. Generalization (Menarik Kesimpulan)

    • Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama pentingnya menguasai kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an, menghafalnya, dan yang terpenting adalah memahami serta mengamalkan pesan-pesannya dalam kehidupan.
    • Guru menekankan bahwa membaca dan belajar adalah perintah pertama Allah Swt. kepada manusia, dan itu adalah kunci kesuksesan dunia akhirat.
  3. PENUTUP (10 Menit)

    (Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

    • Guru memberikan penguatan materi tentang kemuliaan ilmu dan pentingnya membaca.
    • Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah aktif dan berhasil.
    • Guru mengingatkan peserta didik untuk terus muraja'ah (mengulang) hafalan di rumah dan mengamalkan pesan ayat dalam kehidupan sehari-hari.
    • Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.

D. ASESMEN/PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tema Pembelajaran: Membaca, Menulis, Menghafal, dan Memahami QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

Asesmen pada Awal Pembelajaran (Diagnostik)

  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang huruf hijaiyah, kemampuan membaca Al-Qur'an dasar, dan pengalaman mendengar/mengenal QS. Al-'Alaq.
  • Teknik & Instrumen: Melakukan tanya jawab lisan dengan pertanyaan pemantik (misal: "Siapa yang sudah bisa membaca huruf Al-Qur'an?", "Pernah dengar surat Al-'Alaq?", "Apa artinya 'iqra'?", atau meminta melafalkan beberapa huruf hijaiyah).

Asesmen pada Pelaksanaan Pembelajaran (Formatif)

  • Tujuan: Mengukur pemahaman dan kemampuan aplikasi peserta didik selama proses pembelajaran (membaca, mengidentifikasi Qalqalah, menulis, menghafal, dan memahami pesan).
  • Teknik & Instrumen:
    • Observasi Kinerja (Membaca): Guru mengamati dan menilai kelancaran, makhraj huruf, dan penerapan Qalqalah saat peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu/berpasangan. (Rubrik terlampir)
    • Kolaborasi Kelompok (LKPD): Lembar Kerja Peserta Didik yang dikerjakan secara berkelompok untuk menandai huruf Qalqalah dan menyimpulkan pesan pokok ayat.
    • Penilaian Kinerja (Menulis): Guru menilai kerapian, kejelasan, dan kebenaran penulisan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Kuis Interaktif: Kuis lisan atau menggunakan aplikasi digital (jika memungkinkan) yang berisi pertanyaan singkat tentang identifikasi huruf Qalqalah atau arti kata dalam ayat.
    • Isian Singkat: Melengkapi ayat yang rumpang atau mengisi titik-titik tentang pengertian Qalqalah.
    • Teka-teki Silang (TTS): TTS sederhana dengan kosakata terkait tajwid atau isi surat Al-'Alaq.

Asesmen pada Akhir Pembelajaran (Sumatif)

  • Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan setelah proses pembelajaran selesai (kemampuan membaca, menulis, menghafal, dan memahami pesan pokok).
  • Teknik & Instrumen:
    • Tes Lisan:
      • Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di hadapan guru (dinilai berdasarkan kelancaran, makhraj, dan penerapan tajwid khususnya Qalqalah).
      • Menyetorkan hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
      • Menjelaskan secara singkat pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa sendiri.
    • Tes Tertulis:
      • Menuliskan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari ingatan atau dari dikte guru.
      • Mengidentifikasi huruf Qalqalah dalam beberapa potongan ayat.
      • Menjawab pertanyaan singkat tentang isi kandungan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 (misal: "Perintah pertama yang Allah sampaikan adalah...").

Kramatmulya, 19 Juli 2025

Mengetahui,

Kepala Sekolah


HJ. SRI RATNAWATI, M.Pd.

NIP. xxxx xxxx xxxx xxxx


Guru Mata Pelajaran


ETI NURHAYATI, S.Pd.I.

NIP. xxxx xxxx xxxx xxxx

KODING_MODUL AJAR AL 'ALAQ

Modul Ajar PAI - QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

MODUL AJAR

---

IDENTITAS UMUM

  • Satuan Pendidikan: SDN 1 CILOA
  • Nama Pendidik: ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
  • Mata Pelajaran: PAI
  • Kelas/Fase: I/A
  • Tahun Ajaran: 2025-2026
  • Jumlah Jam / Pertemuan: 4 JP @35 Menit (2 Pertemuan)
---

B. IDENTIFIKASI

  1. Kesiapan Peserta Didik: Mengetahui cara belajar peserta didik sesuai dengan bakat dan minat (misalnya, melalui observasi awal, diskusi ringan, atau kuesioner singkat tentang preferensi belajar visual, auditori, atau kinestetik).
  2. Karakter Materi Pelajaran: Pemahaman pengetahuan tentang alam semesta, fenomena alam, prinsip ilmiah, keterampilan berpikir kritis, bekerja ilmiah, dan sikap peduli terhadap lingkungan (dalam konteks PAI, ini dapat diintegrasikan dengan memahami kebesaran Allah Swt. melalui ciptaan-Nya).
  3. Dimensi Profil Pelajar Pancasila:
    • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia (termasuk Akhlak kepada alam).
    • Bernalar Kritis
    • Gotong Royong (Kolaborasi)
    • Mandiri (dalam proses pembelajaran individu)
    • Kreatif (dalam menghasilkan karya atau ide)
---

C. DESAIN PEMBELAJARAN

  1. Capaian Pembelajaran: Peserta didik dapat membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  2. Topik Pembelajaran/Materi Pembelajaran: QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  3. Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
    • Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan baik dan benar (sesuai kaidah tajwid).
    • Mengidentifikasi huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara mandiri.
    • Menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan lancar.
    • Menjelaskan kandungan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang pentingnya membaca dan menuntut ilmu.
    • Menunjukkan sikap gemar membaca dan menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  4. Model dan/atau Metode Pembelajaran:
    • Model: Discovery Learning
    • Metode: Ceramah interaktif, tanya jawab, demonstrasi, drill (latihan), diskusi kelompok kecil, muraja'ah (mengulang hafalan).
  5. Pendekatan: Student-Centered Learning (Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik) dan Contextual Teaching and Learning (Pembelajaran Kontekstual).
  6. Integrasi Lintas Disiplin Ilmu yang Relevan:
    • Bahasa Indonesia: Kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks.
    • Seni Budaya: Kaligrafi (saat menulis ayat Al-Qur'an).
    • Ilmu Pengetahuan Alam: Mengenal fenomena alam (penciptaan manusia dari segumpal darah) yang disinggung dalam Al-Qur'an sebagai bentuk kebesaran Allah Swt.
  7. Kemitraan dan Lingkungan Pembelajaran:
    • Kemitraan: Orang tua (memantau hafalan dan bacaan di rumah), teman sejawat (peer teaching/peer learning).
    • Lingkungan Pembelajaran: Ruang kelas, perpustakaan mini di kelas, area Mushalla sekolah (jika memungkinkan untuk praktik bacaan).
  8. Lingkungan Pembelajaran:
    • Pengaturan Tempat Duduk: Fleksibel (individu, kelompok kecil).
    • Media/Alat: Papan tulis/whiteboard, spidol, proyektor/layar, smart TV, Al-Qur'an besar/mushaf per individu, kartu huruf hijaiyah, kartu ayat, poster hukum tajwid (Qalqalah), flashcard kosa kata, aplikasi belajar Al-Qur'an (jika tersedia).
  9. Pemanfaatan Digital:
    • Menampilkan video/animasi tentang cara membaca huruf hijaiyah dan hukum Qalqalah.
    • Memutar rekaman audio bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari qari terkemuka.
    • Menggunakan aplikasi belajar tajwid interaktif (jika memungkinkan).
    • Menggunakan platform pembelajaran daring untuk berbagi materi atau tugas (jika diperlukan untuk pengayaan/remedial di luar jam pelajaran).
---

D. PENGALAMAN BELAJAR

Pertemuan 1 (2 JP - 70 Menit): Membaca dan Mengenal Hukum Bacaan Qalqalah QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

  1. Kegiatan Awal/Pendahuluan (10 Menit):
    • Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdoa bersama.
    • Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    • Apersepsi: Guru bertanya kepada peserta didik tentang kegiatan membaca yang mereka sukai di rumah atau di sekolah. Mengaitkan dengan pentingnya membaca dalam Islam.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini (membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengenal Qalqalah).
    • Ice Breaking/Senam Otak singkat untuk memusatkan perhatian.
  2. Inti (50 Menit):

    A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)

    Guru menampilkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di layar/papan tulis dan memutar rekaman audio bacaan dari seorang qari. Peserta didik mendengarkan dengan seksama. Guru bertanya: "Apa yang kalian dengar dari bacaan ini? Ada huruf yang sepertinya dipantulkan suaranya?"

    B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)

    Guru memancing pertanyaan dari peserta didik tentang bacaan yang dipantulkan (Qalqalah). "Bagaimana cara membaca huruf yang suaranya memantul itu? Huruf apa saja yang bisa dipantulkan?" Guru menjelaskan secara singkat konsep Qalqalah dan huruf-hurufnya.

    C. Data Collection (Pengumpulan Data)

    Peserta didik secara individu atau berpasangan mencari huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari mushaf atau tayangan di layar. Peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal, kemudian per baris, dan per kata diikuti oleh guru.

    D. Data Processing (Pengolahan Data)

    Guru membimbing peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan fokus pada penerapan hukum Qalqalah. Melakukan drill (latihan berulang) melafalkan ayat per ayat, dengan koreksi langsung dari guru. Peserta didik berlatih membaca secara berpasangan atau kelompok kecil, saling mengoreksi di bawah bimbingan guru.

    E. Verification (Pembuktian)

    Beberapa peserta didik diminta untuk melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu di depan kelas atau di kelompok kecil, untuk memastikan pemahaman dan penerapan Qalqalah. Guru memberikan feedback dan koreksi yang konstruktif.

    F. Generalization (Menarik Kesimpulan)

    Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama tentang cara membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan benar, khususnya hukum bacaan Qalqalah. Guru menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.

  3. Penutup (10 Menit):
    • Guru memberikan penguatan materi dan menekankan kembali pentingnya membaca Al-Qur'an dan ilmu.
    • Guru memberikan tugas rumah: berlatih membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di rumah.
    • Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.

Pertemuan 2 (2 JP - 70 Menit): Menulis, Menghafal, dan Memahami Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5

  1. Kegiatan Awal/Pendahuluan (10 Menit):
    • Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdoa.
    • Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    • Apersepsi: Guru mengulang sedikit materi pertemuan sebelumnya dengan mengajak peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini (menulis, menghafal, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5).
  2. Inti (50 Menit):

    A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)

    Guru menampilkan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Guru bertanya: "Selain dibaca, apa lagi yang bisa kita lakukan dengan Al-Qur'an?" Mengaitkan dengan menulis. Guru bertanya: "Ada yang tahu apa arti dari ayat ini?" Mengaitkan dengan pesan pokok.

    B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)

    Guru bertanya: "Bagaimana cara menulis huruf Arab dengan benar? Apa pesan utama dari ayat-ayat ini?"

    C. Data Collection (Pengumpulan Data)

    Menulis: Guru mendemonstrasikan cara menulis huruf-huruf hijaiyah yang ada di QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Peserta didik menirukan dan berlatih menulis ayat per ayat. Guru berkeliling memberikan bimbingan. Menghafal: Peserta didik menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal (metode talaqqi dan muraja'ah). Kemudian secara berpasangan, saling menyimak hafalan. Memahami Pesan Pokok: Guru menyampaikan ringkasan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang perintah membaca, menuntut ilmu, dan kebesaran Allah Swt. dalam menciptakan manusia. Peserta didik mencatat poin-poin penting.

    D. Data Processing (Pengolahan Data)

    Peserta didik menyajikan hasil tulisan mereka (bisa dalam bentuk kaligrafi sederhana atau tulisan biasa). Peserta didik secara bergantian menyetorkan hafalan secara individu kepada guru atau teman sejawat. Melalui diskusi kelompok kecil, peserta didik merumuskan pesan-pesan penting dari QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, pentingnya belajar, membaca buku).

    E. Verification (Pembuktian)

    Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tulisannya dan mengecek kerapian serta kebenaran penulisannya. Peserta didik yang sudah hafal diuji secara acak oleh guru atau teman. Peserta didik diminta untuk menyampaikan kembali pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa mereka sendiri.

    F. Generalization (Menarik Kesimpulan)

    Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama pentingnya menguasai kemampuan menulis Al-Qur'an, menghafalnya, dan yang terpenting adalah memahami serta mengamalkan pesan-pesannya dalam kehidupan. Guru menekankan bahwa membaca dan belajar adalah perintah pertama Allah Swt. kepada manusia.

  3. Penutup (10 Menit):
    • Guru memberikan penguatan materi tentang kemuliaan ilmu dan pentingnya membaca.
    • Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah aktif.
    • Guru mengingatkan peserta didik untuk terus muraja'ah (mengulang) hafalan di rumah dan mengamalkan pesan ayat.
    • Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
---

E. ASESMEN

  1. Asesmen Awal Pembelajaran (Diagnostik):
    • Teknik: Observasi, tanya jawab singkat.
    • Bentuk:
      • Pertanyaan lisan: "Sudah pernah dengar atau baca QS. Al-'Alaq?" "Ada yang tahu tentang huruf yang dipantulkan?"
      • Guru meminta peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah untuk mengidentifikasi kemampuan dasar bacaan.
    • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang Al-Qur'an dan kemampuan bacaan dasar.
  2. Asesmen Proses Pembelajaran (Formatif):
    • Teknik: Observasi, kinerja, diskusi.
    • Bentuk:
      • Observasi: Pengamatan guru selama kegiatan belajar mengajar (keaktifan, partisipasi, kemandirian, kolaborasi).
      • Penilaian Kinerja Bacaan: Guru menilai kemampuan peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan tajwid yang benar (fokus pada Qalqalah). (Rubrik terlampir).
      • Penilaian Kinerja Menulis: Guru menilai kerapian, kejelasan, dan kebenaran tulisan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. (Rubrik terlampir).
      • Penilaian Kinerja Hafalan: Guru menilai kelancaran, ketepatan, dan kebenaran hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. (Rubrik terlampir).
      • Diskusi/Tanya Jawab: Penilaian pemahaman peserta didik terhadap pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  3. Asesmen Akhir Pembelajaran (Sumatif):
    • Teknik: Tes lisan dan tulisan.
    • Bentuk:
      • Tes Lisan:
        • Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di hadapan guru (dinilai berdasarkan rubrik bacaan dan hafalan).
        • Menjelaskan secara singkat pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
      • Tes Tertulis:
        • Melengkapi ayat-ayat QS. Al-'Alaq yang rumpang.
        • Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
        • Menyebutkan huruf-huruf Qalqalah.
        • Menjelaskan arti/pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara sederhana.
---

F. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK

Refleksi Peserta Didik

  • Apa bagian yang paling kalian suka dari pelajaran hari ini?
  • Bagian mana yang paling sulit bagi kalian?
  • Apakah kalian merasa lebih mudah membaca Al-Qur'an setelah belajar hari ini?
  • Apa yang akan kalian lakukan di rumah untuk melatih hafalan atau bacaan kalian?
  • Apa hikmah yang kalian dapatkan setelah belajar QS. Al-'Alaq Ayat 1-5?

Refleksi Guru

  • Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dengan baik?
  • Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan efektif?
  • Bagian mana yang perlu diperbaiki atau disesuaikan pada pembelajaran berikutnya?
  • Bagaimana keterlibatan seluruh peserta didik dalam proses pembelajaran?
  • Apakah ada peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus atau bantuan tambahan?
  • Bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan mendukung pencapaian dimensi Profil Pelajar Pancasila?
---

G. REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial:

    Bagi peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), diberikan bimbingan individual atau kelompok kecil. Fokus pada aspek yang belum dikuasai (misal: pengulangan pelafalan huruf Qalqalah, latihan menulis berulang, atau pengulangan hafalan dengan metode yang lebih personal). Dapat menggunakan media audio visual berulang atau kartu ayat yang lebih besar.

  2. Pengayaan:

    Bagi peserta didik yang telah mencapai KKTP, diberikan materi atau tugas tambahan: Mempelajari hukum tajwid lainnya yang relevan (misalnya, Nun Mati dan Tanwin). Mencari contoh Qalqalah pada surat-surat pendek lainnya. Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan kaligrafi sederhana. Menghafal surat-surat pendek lain yang memiliki Qalqalah. Membaca terjemahan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 lebih dalam dan mencari kaitannya dengan kehidupan sehari-hari atau fenomena alam.

---

H. LAMPIRAN

  1. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) (Terlampir)
    • Contoh: LKPD melengkapi ayat rumpang, LKPD menulis ulang ayat, LKPD melingkari huruf Qalqalah.
  2. Asesmen:
    • Rubrik Penilaian Kinerja Bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Rubrik Penilaian Kinerja Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Rubrik Penilaian Kinerja Hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
    • Soal Tes Tertulis.
  3. Glosarium:
    • Qalqalah: Hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang dibaca dengan memantulkan suara pada huruf-huruf tertentu ketika berharakat sukun atau mati karena waqaf.
    • Al-Qur'an: Kitab suci agama Islam.
    • Hijaiyah: Huruf-huruf Arab.
    • Tajwid: Ilmu tentang tata cara membaca Al-Qur'an dengan benar.
    • Muraja'ah: Mengulang-ulang hafalan Al-Qur'an.
  4. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik:
    • Buku Paket PAI Kelas I.
    • Buku Tajwid Dasar (untuk guru).
    • Materi pendukung dari internet (video tutorial bacaan, infografis hukum tajwid).
    • Mushaf Al-Qur'an.

Disahkan Oleh,
Kepala Sekolah SDN 1 CILOA

HJ. SRI RATNAWATI, M.Pd.

NIP. XXXX XXXX XXXX XXXX


Diperiksa Oleh
Pengawas/Pendamping Sekolah Bidang PAI

ASEP GUNAWAN, M.Pd.I.

NIP. 197702192008011007


Dibuat Oleh

ETI NURHAYATI, S.Pd.I.

NIP.

Rabu, 25 Juni 2025

latihan koding7: apa itu koding?

KangAsep Kuningan_Pemahaman Dasar Koding dengan Santai oleh Santi Yulia
Contoh Koding dalam Kehidupan Nyata oleh Santi Yulia

latihan koding6_urutan wudhu

Panduan Wudhu Interaktif

Panduan Wudhu Interaktif

Tandai setiap langkah sebagai "Faham" atau "Belum Faham".

1. Niat.
2. Mencuci telapak tangan tiga kali.
3. Berkumur tiga kali.
4. Membasuh hidung tiga kali.
5. Membasuh muka tiga kali.
6. Membasuh kedua tangan sampai siku tiga kali.
7. Mengusap sebagian kepala.
8. Membasuh kedua telinga.
9. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki tiga kali.
10. Doa setelah wudhu.

Ringkasan Pemahaman

Ini adalah ringkasan berdasarkan pilihan Anda sendiri di browser ini.

1. Niat.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

2. Mencuci telapak tangan tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

3. Berkumur tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

4. Membasuh hidung tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

5. Membasuh muka tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

6. Membasuh kedua tangan sampai siku tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

7. Mengusap sebagian kepala.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

8. Membasuh kedua telinga.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

9. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki tiga kali.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

10. Doa setelah wudhu.

Faham: 0% Belum Faham: 0%

Sabtu, 21 Juni 2025

Latihan KODING5: DATA ISIAN IDENTITAS UMUM MODUL AJAR

IDENTITAS UMUM MODUL AJAR













Kamis, 19 Juni 2025

LATIHAN KODING4: LEARNING PAI BY KANG ASEP

📘 Blog Pendidikan Islam SD

Interaktif • Bermakna • Menyenangkan

LATIHAN KODING3: GAME INTERACTIVE PAI SD FASE A KELAS I_RUKUN ISLAM

Game Interaktif Rukun Islam

Game Rukun Islam

1. Apa rukun Islam yang pertama?

2. Apa arti Syahadatain?

Developer/Inovator: Kang Asep Gunawan Kuningan
(Pendamping Sekolah Disdik Kuningan)