MODUL AJAR
---IDENTITAS UMUM
- Satuan Pendidikan: SDN 1 CILOA
- Nama Pendidik: ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
- Mata Pelajaran: PAI
- Kelas/Fase: I/A
- Tahun Ajaran: 2025-2026
- Jumlah Jam / Pertemuan: 4 JP @35 Menit (2 Pertemuan)
B. IDENTIFIKASI
- Kesiapan Peserta Didik: Mengetahui cara belajar peserta didik sesuai dengan bakat dan minat (misalnya, melalui observasi awal, diskusi ringan, atau kuesioner singkat tentang preferensi belajar visual, auditori, atau kinestetik).
- Karakter Materi Pelajaran: Pemahaman pengetahuan tentang alam semesta, fenomena alam, prinsip ilmiah, keterampilan berpikir kritis, bekerja ilmiah, dan sikap peduli terhadap lingkungan (dalam konteks PAI, ini dapat diintegrasikan dengan memahami kebesaran Allah Swt. melalui ciptaan-Nya).
- Dimensi Profil Pelajar Pancasila:
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia (termasuk Akhlak kepada alam).
- Bernalar Kritis
- Gotong Royong (Kolaborasi)
- Mandiri (dalam proses pembelajaran individu)
- Kreatif (dalam menghasilkan karya atau ide)
C. DESAIN PEMBELAJARAN
- Capaian Pembelajaran: Peserta didik dapat membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, mengenal hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Topik Pembelajaran/Materi Pembelajaran: QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, hukum bacaan Qalqalah, menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan baik dan benar (sesuai kaidah tajwid).
- Mengidentifikasi huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara mandiri.
- Menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan lancar.
- Menjelaskan kandungan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang pentingnya membaca dan menuntut ilmu.
- Menunjukkan sikap gemar membaca dan menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Model dan/atau Metode Pembelajaran:
- Model: Discovery Learning
- Metode: Ceramah interaktif, tanya jawab, demonstrasi, drill (latihan), diskusi kelompok kecil, muraja'ah (mengulang hafalan).
- Pendekatan: Student-Centered Learning (Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik) dan Contextual Teaching and Learning (Pembelajaran Kontekstual).
- Integrasi Lintas Disiplin Ilmu yang Relevan:
- Bahasa Indonesia: Kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks.
- Seni Budaya: Kaligrafi (saat menulis ayat Al-Qur'an).
- Ilmu Pengetahuan Alam: Mengenal fenomena alam (penciptaan manusia dari segumpal darah) yang disinggung dalam Al-Qur'an sebagai bentuk kebesaran Allah Swt.
- Kemitraan dan Lingkungan Pembelajaran:
- Kemitraan: Orang tua (memantau hafalan dan bacaan di rumah), teman sejawat (peer teaching/peer learning).
- Lingkungan Pembelajaran: Ruang kelas, perpustakaan mini di kelas, area Mushalla sekolah (jika memungkinkan untuk praktik bacaan).
- Lingkungan Pembelajaran:
- Pengaturan Tempat Duduk: Fleksibel (individu, kelompok kecil).
- Media/Alat: Papan tulis/whiteboard, spidol, proyektor/layar, smart TV, Al-Qur'an besar/mushaf per individu, kartu huruf hijaiyah, kartu ayat, poster hukum tajwid (Qalqalah), flashcard kosa kata, aplikasi belajar Al-Qur'an (jika tersedia).
- Pemanfaatan Digital:
- Menampilkan video/animasi tentang cara membaca huruf hijaiyah dan hukum Qalqalah.
- Memutar rekaman audio bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari qari terkemuka.
- Menggunakan aplikasi belajar tajwid interaktif (jika memungkinkan).
- Menggunakan platform pembelajaran daring untuk berbagi materi atau tugas (jika diperlukan untuk pengayaan/remedial di luar jam pelajaran).
D. PENGALAMAN BELAJAR
Pertemuan 1 (2 JP - 70 Menit): Membaca dan Mengenal Hukum Bacaan Qalqalah QS. Al-'Alaq Ayat 1-5
- Kegiatan Awal/Pendahuluan (10 Menit):
- Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdoa bersama.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Apersepsi: Guru bertanya kepada peserta didik tentang kegiatan membaca yang mereka sukai di rumah atau di sekolah. Mengaitkan dengan pentingnya membaca dalam Islam.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini (membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengenal Qalqalah).
- Ice Breaking/Senam Otak singkat untuk memusatkan perhatian.
- Inti (50 Menit):
A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
Guru menampilkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di layar/papan tulis dan memutar rekaman audio bacaan dari seorang qari. Peserta didik mendengarkan dengan seksama. Guru bertanya: "Apa yang kalian dengar dari bacaan ini? Ada huruf yang sepertinya dipantulkan suaranya?"
B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)
Guru memancing pertanyaan dari peserta didik tentang bacaan yang dipantulkan (Qalqalah). "Bagaimana cara membaca huruf yang suaranya memantul itu? Huruf apa saja yang bisa dipantulkan?" Guru menjelaskan secara singkat konsep Qalqalah dan huruf-hurufnya.
C. Data Collection (Pengumpulan Data)
Peserta didik secara individu atau berpasangan mencari huruf-huruf Qalqalah pada QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dari mushaf atau tayangan di layar. Peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal, kemudian per baris, dan per kata diikuti oleh guru.
D. Data Processing (Pengolahan Data)
Guru membimbing peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan fokus pada penerapan hukum Qalqalah. Melakukan drill (latihan berulang) melafalkan ayat per ayat, dengan koreksi langsung dari guru. Peserta didik berlatih membaca secara berpasangan atau kelompok kecil, saling mengoreksi di bawah bimbingan guru.
E. Verification (Pembuktian)
Beberapa peserta didik diminta untuk melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara individu di depan kelas atau di kelompok kecil, untuk memastikan pemahaman dan penerapan Qalqalah. Guru memberikan feedback dan koreksi yang konstruktif.
F. Generalization (Menarik Kesimpulan)
Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama tentang cara membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan benar, khususnya hukum bacaan Qalqalah. Guru menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.
- Penutup (10 Menit):
- Guru memberikan penguatan materi dan menekankan kembali pentingnya membaca Al-Qur'an dan ilmu.
- Guru memberikan tugas rumah: berlatih membaca QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di rumah.
- Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan 2 (2 JP - 70 Menit): Menulis, Menghafal, dan Memahami Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5
- Kegiatan Awal/Pendahuluan (10 Menit):
- Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan berdoa.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Apersepsi: Guru mengulang sedikit materi pertemuan sebelumnya dengan mengajak peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini (menulis, menghafal, dan memahami pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5).
- Inti (50 Menit):
A. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
Guru menampilkan kembali QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Guru bertanya: "Selain dibaca, apa lagi yang bisa kita lakukan dengan Al-Qur'an?" Mengaitkan dengan menulis. Guru bertanya: "Ada yang tahu apa arti dari ayat ini?" Mengaitkan dengan pesan pokok.
B. Problem Statement (Pertanyaan/Identifikasi Masalah)
Guru bertanya: "Bagaimana cara menulis huruf Arab dengan benar? Apa pesan utama dari ayat-ayat ini?"
C. Data Collection (Pengumpulan Data)
Menulis: Guru mendemonstrasikan cara menulis huruf-huruf hijaiyah yang ada di QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. Peserta didik menirukan dan berlatih menulis ayat per ayat. Guru berkeliling memberikan bimbingan. Menghafal: Peserta didik menghafal QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara klasikal (metode talaqqi dan muraja'ah). Kemudian secara berpasangan, saling menyimak hafalan. Memahami Pesan Pokok: Guru menyampaikan ringkasan pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 tentang perintah membaca, menuntut ilmu, dan kebesaran Allah Swt. dalam menciptakan manusia. Peserta didik mencatat poin-poin penting.
D. Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik menyajikan hasil tulisan mereka (bisa dalam bentuk kaligrafi sederhana atau tulisan biasa). Peserta didik secara bergantian menyetorkan hafalan secara individu kepada guru atau teman sejawat. Melalui diskusi kelompok kecil, peserta didik merumuskan pesan-pesan penting dari QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, pentingnya belajar, membaca buku).
E. Verification (Pembuktian)
Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tulisannya dan mengecek kerapian serta kebenaran penulisannya. Peserta didik yang sudah hafal diuji secara acak oleh guru atau teman. Peserta didik diminta untuk menyampaikan kembali pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan bahasa mereka sendiri.
F. Generalization (Menarik Kesimpulan)
Peserta didik dan guru menyimpulkan bersama pentingnya menguasai kemampuan menulis Al-Qur'an, menghafalnya, dan yang terpenting adalah memahami serta mengamalkan pesan-pesannya dalam kehidupan. Guru menekankan bahwa membaca dan belajar adalah perintah pertama Allah Swt. kepada manusia.
- Penutup (10 Menit):
- Guru memberikan penguatan materi tentang kemuliaan ilmu dan pentingnya membaca.
- Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah aktif.
- Guru mengingatkan peserta didik untuk terus muraja'ah (mengulang) hafalan di rumah dan mengamalkan pesan ayat.
- Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
E. ASESMEN
- Asesmen Awal Pembelajaran (Diagnostik):
- Teknik: Observasi, tanya jawab singkat.
- Bentuk:
- Pertanyaan lisan: "Sudah pernah dengar atau baca QS. Al-'Alaq?" "Ada yang tahu tentang huruf yang dipantulkan?"
- Guru meminta peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah untuk mengidentifikasi kemampuan dasar bacaan.
- Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang Al-Qur'an dan kemampuan bacaan dasar.
- Asesmen Proses Pembelajaran (Formatif):
- Teknik: Observasi, kinerja, diskusi.
- Bentuk:
- Observasi: Pengamatan guru selama kegiatan belajar mengajar (keaktifan, partisipasi, kemandirian, kolaborasi).
- Penilaian Kinerja Bacaan: Guru menilai kemampuan peserta didik melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan tajwid yang benar (fokus pada Qalqalah). (Rubrik terlampir).
- Penilaian Kinerja Menulis: Guru menilai kerapian, kejelasan, dan kebenaran tulisan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. (Rubrik terlampir).
- Penilaian Kinerja Hafalan: Guru menilai kelancaran, ketepatan, dan kebenaran hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5. (Rubrik terlampir).
- Diskusi/Tanya Jawab: Penilaian pemahaman peserta didik terhadap pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Asesmen Akhir Pembelajaran (Sumatif):
- Teknik: Tes lisan dan tulisan.
- Bentuk:
- Tes Lisan:
- Melafalkan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 di hadapan guru (dinilai berdasarkan rubrik bacaan dan hafalan).
- Menjelaskan secara singkat pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Tes Tertulis:
- Melengkapi ayat-ayat QS. Al-'Alaq yang rumpang.
- Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Menyebutkan huruf-huruf Qalqalah.
- Menjelaskan arti/pesan pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 secara sederhana.
- Tes Lisan:
F. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK
Refleksi Peserta Didik
- Apa bagian yang paling kalian suka dari pelajaran hari ini?
- Bagian mana yang paling sulit bagi kalian?
- Apakah kalian merasa lebih mudah membaca Al-Qur'an setelah belajar hari ini?
- Apa yang akan kalian lakukan di rumah untuk melatih hafalan atau bacaan kalian?
- Apa hikmah yang kalian dapatkan setelah belajar QS. Al-'Alaq Ayat 1-5?
Refleksi Guru
- Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai dengan baik?
- Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan efektif?
- Bagian mana yang perlu diperbaiki atau disesuaikan pada pembelajaran berikutnya?
- Bagaimana keterlibatan seluruh peserta didik dalam proses pembelajaran?
- Apakah ada peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus atau bantuan tambahan?
- Bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan mendukung pencapaian dimensi Profil Pelajar Pancasila?
G. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial:
Bagi peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), diberikan bimbingan individual atau kelompok kecil. Fokus pada aspek yang belum dikuasai (misal: pengulangan pelafalan huruf Qalqalah, latihan menulis berulang, atau pengulangan hafalan dengan metode yang lebih personal). Dapat menggunakan media audio visual berulang atau kartu ayat yang lebih besar.
- Pengayaan:
Bagi peserta didik yang telah mencapai KKTP, diberikan materi atau tugas tambahan: Mempelajari hukum tajwid lainnya yang relevan (misalnya, Nun Mati dan Tanwin). Mencari contoh Qalqalah pada surat-surat pendek lainnya. Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 dengan kaligrafi sederhana. Menghafal surat-surat pendek lain yang memiliki Qalqalah. Membaca terjemahan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5 lebih dalam dan mencari kaitannya dengan kehidupan sehari-hari atau fenomena alam.
H. LAMPIRAN
- LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) (Terlampir)
- Contoh: LKPD melengkapi ayat rumpang, LKPD menulis ulang ayat, LKPD melingkari huruf Qalqalah.
- Asesmen:
- Rubrik Penilaian Kinerja Bacaan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Rubrik Penilaian Kinerja Menulis QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Rubrik Penilaian Kinerja Hafalan QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
- Soal Tes Tertulis.
- Glosarium:
- Qalqalah: Hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang dibaca dengan memantulkan suara pada huruf-huruf tertentu ketika berharakat sukun atau mati karena waqaf.
- Al-Qur'an: Kitab suci agama Islam.
- Hijaiyah: Huruf-huruf Arab.
- Tajwid: Ilmu tentang tata cara membaca Al-Qur'an dengan benar.
- Muraja'ah: Mengulang-ulang hafalan Al-Qur'an.
- Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik:
- Buku Paket PAI Kelas I.
- Buku Tajwid Dasar (untuk guru).
- Materi pendukung dari internet (video tutorial bacaan, infografis hukum tajwid).
- Mushaf Al-Qur'an.
Disahkan Oleh,
Kepala Sekolah SDN 1 CILOA
HJ. SRI RATNAWATI, M.Pd.
NIP. XXXX XXXX XXXX XXXX
Diperiksa Oleh
Pengawas/Pendamping Sekolah Bidang PAI
ASEP GUNAWAN, M.Pd.I.
NIP. 197702192008011007
Dibuat Oleh
ETI NURHAYATI, S.Pd.I.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar